Tuesday, February 12, 2013

one day when you're old..

selasa 12/2 (9:07 pm)

kehidupan itu memang ngga bisa diduga ya akan ke arah mana bergulirnya. mungkin saja di masa muda kita hidup bersenang2, selalu dikelilingi teman, sahabat dan keluarga, tapi siapa yang bisa menjamin mereka semua akan tetap ada di sisi kita kala kita beranjak tua?

ada seorang ibu yang duduk meminta2 di samping pintu pagar yang sering digunakan untuk lalu lalang orang-orang yang keluar masuk komplek ruko. setiap hari kerja ia selalu duduk di sana dari pagi hingga sore menjelang.

pernah ngga sih bertanya2, kehidupan apakah yang dijalaninya hingga akhirnya ia sampai ke tempat di mana ia berada sekarang? cobaan hidup apa yang dilaluinya hingga ia kini duduk meminta2 belas kasih orang?

usianya sudah cukup tua, rambut putih menghiasi mahkota kepalanya. sebagai orang yang sering lalu lalang hampir setiap hari, mau ngga mau jadi keapal juga wajahnya dan membuat jadi bertanya2 ketika suatu hari melewati celah di antara dua pintu pagar besi itu, tidak menemukan dirinya.

di manakah gerangan ia berada? apakah keadaannya baik2 saja? mengapa ia sampai tidak duduk di tempat yang biasa didudukinya dari hari lepas hari?

apakah di kala sakit, ada yang merawatnya? jika hidup sendirian, siapa yang menolongnya di kala ia tidak berdaya?

ada banyak orang di luar sana yang seperti ibu itu. mungkin nasib mereka sedikit lebih baik karena tidak harus meminta2 di pinggir jalan ataupun mangkal di tempat banyak orang lalu-lalang. tapi, banyak juga para orang lanjut usia tadi yang hidup sendiri, tanpa sanak saudara yang menemani.

one day when you're old.. who would you have by your side?

tidak semua orang beruntung masih ditemani orang2 terkasih yang senantiasa mengelilingi mereka. banyak yang menua sendiri, walau di masa mudanya dulu mereka punya banyak sekali teman dan sahabat. ke manakah gerangan mereka semua kini? terlebih keluarga yang masih hidup, kesalahan apakah yang telah diperbuat orang tua ini hingga di usianya yang lanjut ia harus menjalani hari2nya hanya sebatang kara?

one day when i'm old.. i do hope i won't have to spend it alone..

selasa 12/2 (9:18 pm)

No comments:

Post a Comment